Pengembangan Media Interaktif Pembelajaran Matematika Menggunakan GeoGebra Classroom Pada Materi Grafik Fungsi Kuadrat

Oktaviani, Putri (2024) Pengembangan Media Interaktif Pembelajaran Matematika Menggunakan GeoGebra Classroom Pada Materi Grafik Fungsi Kuadrat. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
2024 (2) - Putri Oktaviani-BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2024 (2) - Putri Oktaviani-BAB II-V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui pengembangan media interaktif pembelajaran matematika menggunakan GeoGebra classroom pada grafik fungsi kuadrat. Penelitian ini dilaksanakan pada pembelajaran matematika kelas XI SMK Negeri 2 Padangpanjang. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu: tahap analisis (analysis) untuk mengetahui analisis kurikulum dan kebutuhan peserta didik, tahap perancangan (design) merancang serta menyusun konsep media, tahap pengembangan (development) mengetahui pengembangan media dan validasi produk, tahap implementasi (implementation) uji coba produk untuk mengetahui kualitas media dan tahap evaluasi (evaluation) melakukan evaluasi dan menghasilkan produk yang valid, praktis dan efektif. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif didapat dari wawancara pendidik dan lembar observasi mengenai praktikalitas media. Data kuantitatif didapatkan dari hasil validasi media, dan angket respon praktikalitas peserta didik. Media yang dikembangkan diujicobakan di SMK Negeri 2 Padangpanjang. Hasil analisis data validitas pengembangan media pembelajaran media interaktif GeoGebra classroom pada pembelajaran matematika kelas XI SMK Negeri 2 Padangpanjang memenuhi kriteria valid. Persentase validitas produk sebesar 80%. Hasil analisis data praktikalitas memperoleh persentase 84% dengan kategori sangat praktis. Hasil analisis data efektivitas memperoleh persentase 88,46% dengan kriteria sangat efektif. Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa media interaktif pembelajaran matematika menggunakan GeoGebra classroom pada pembelajaran matematika kelas XI SMK Negeri 2 Padangpanjang dapat digunakan, karena memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > Pendidikan Matematika
H Social Sciences > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Divisions: Library of Congress Subject Areas > H Social Sciences > Pendidikan Matematika
Library of Congress Subject Areas > H Social Sciences > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 17 Nov 2025 07:40
Last Modified: 17 Nov 2025 07:40
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3874

Actions (login required)

View Item View Item