Pengembangan E-Modul Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Canva pada Kemampuan Pemahaman Konsep Materi Vektor Kelas XI di MAN 1 Padang Panjang.” Skripsi. Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Rhamadhan, Aldi (2025) Pengembangan E-Modul Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Canva pada Kemampuan Pemahaman Konsep Materi Vektor Kelas XI di MAN 1 Padang Panjang.” Skripsi. Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
2025(2) - ALDI RHAMADHAN-BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2025(2) - ALDI RHAMADHAN-BAB II-V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui pengembangan e-modul berbasis contextual teaching and learning (CTL) berbantuan canva pada kemampuan pemahaman konsep materi vektor. Penelitian ini dilaksanakan pada pembelajaran matematika kelas XI MAN 1 Padang Panjang. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu tahap analisis (analysis) untuk mengetahui analisis kurikulum dan kebutuhan peserta didik, tahap perancangan (design) merancang serta menyusun konsep media, tahap pengembangan (development) mengetahui pengembangan media dan validasi produk, tahap implementasi (implementation) uji coba produk untuk mengetahui kualitas media dan tahap evaluasi (evaluation) melakukan evaluasi dan menghasilkan produk yang valid, praktis dan efektif. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif di dapat dari hasil wawancara guru. Data kuantitatif didapatkan dari hasil validasi media, dan angket respon praktikalitas peserta didik. Media yang dikembangkan diujicobakan di MAN 1 Padang Panjang. Hasil analisis data validitas pengembangan e-modul berbasis contextual teaching and learning (CTL) berbantuan canva pada kemampuan pemahaman konsep materi vektor kelas XI MAN 1 Padang Panjang memenuhi kriteria valid. Persentase validitas produk sebesar 80,66%. Hasil analisis data praktikalitas memperoleh persentase 69,3% dengan kategori praktis. Hasil analisis data efektivitas memperoleh persentase 77,7% dengan kriteria efektif. Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis contextual teaching and learning (CTL) berbantuan canva pada kemampuan pemahaman konsep materi vektor kelas XI MAN 1 Padang Panjang dapat digunakan, karena memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > Pendidikan Matematika
H Social Sciences > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Divisions: Library of Congress Subject Areas > H Social Sciences > Pendidikan Matematika
Library of Congress Subject Areas > H Social Sciences > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 19 Nov 2025 03:07
Last Modified: 19 Nov 2025 03:07
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3880

Actions (login required)

View Item View Item