Efektivitas Metode Pemberian Tugas dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi di SDN 10 Gantiang Bigau Sulit Air Kabupaten Solok.

Intan Permata, Sari (2022) Efektivitas Metode Pemberian Tugas dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi di SDN 10 Gantiang Bigau Sulit Air Kabupaten Solok. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
skripsi intan.pdf

Download (2MB)

Abstract

Masa Pandemi wabah Virus Covid-19 yang melanda seluruh negara termasuk Indonesia telah merubah sistem pembelajaran, dimana penggunaan metode pemberian tugas menjadi teknik belajar yang banyak dipilih pada berbagai sekolah di Indonesia salah satunya di Sekolah Dasar (SD) 10 Gantiang Bigau Sulit Air Kabupaten Solok. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pelaksanaan metode pemberian tugas, mengetahui efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan menggunakan metode tugas dan sejauhmana faktor pendukung dan penghambat dari pelaksanaan metode pemberian tugas pada pembelajaran PAI di SDN 10 Gantiang Bigau Sulit Air Kabupaten Solok. Jenis penelitian ini kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Teknik analisis data menggunakan tahap reduksi informasi, penyajian informasi secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) gambaran metode pemberian tugas dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada masa pandemi di SDN 10 Gantiang Bigau Sulit Air melalui pemberian tugas oleh guru lewat grop whatshap, orang tua peserta didik akan menjemputnya kesekolah, dikerjakan oleh peserta didik dirumah dengan dampingan orang tua, setelahnya diantar kembali kesekolah pada hari berikutnya saat penjemputan tugas selanjutnya. (2) Efektivitas metode pemberian tugas dalam pembelajaran PAI pada masa pandemi di SDN 10 Bigau Sulit Air belum efektif, disebabkan dari segi proses belajar, interaksi pendidik dengan peserta didik serta menurunnya hasil belajar peserta didik. (3) Manfaat dan kendala metode pemberian tugas dalam pembelajaran PAI pada masa pandemi di SDN 10 Gantiang Bigau, manfaatnya (1) menumbuhkan sikap mandiri (2) sikap tanggung jawab (3) sikap jujur dan melibatkan orang tua dalam proses pembelajaran. Kendalanya yaitu (1) terkendala oleh proses (2) kurangnya pemahaman yang di berikan (3) terlambat dalam pengumpulan tugas. Kata Kunci : pandemi, metode pemberian tugas, pendidikan

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: pandemi, metode pemberian tugas, pendidikan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Agama Islam
A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 22 Sep 2022 03:12
Last Modified: 20 Sep 2024 08:44
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/415

Actions (login required)

View Item View Item