Gambaran Sistem Informasi Administrasi Rumah Sakit Untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan Di Rumah Sakit Prof. Dr. M.A Hanafiah Sm. Batusangkar

Wanita, Iqra’ Kitabul Qur’an (2022) Gambaran Sistem Informasi Administrasi Rumah Sakit Untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan Di Rumah Sakit Prof. Dr. M.A Hanafiah Sm. Batusangkar. Diploma thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA BARAT.

[img] Text
KTI WANITA IQRA' KITABUL QUR'AN A.Md.Kes (1).pdf

Download (2MB)

Abstract

Rumah sakit membutuhkan tenaga administrasi.Untuk memudahkan prosedur administrasi kesehatan rumah sakit, dibutuhkan sebuah sistem yang dapat memberi kemudahan dalam kelancaran proses administrasi..Tujuan penelitian ini dilakukan yaitu untuk mengetahui gambaran sistem informasi administrasi rumah sakit untuk meningkatkan kinerja karyawan di rumah sakit Prof.DR.M.A Hanafiah SM. Batusangkar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif pendekatan kualitatif. Informan penelitian in berjumlah tiga orang yang terdiri dari satu petugas rawat inap, satu petugas rawat jalan dan satu petugas IGD. Metode pengumpulan data yang digunakan berdasarkan pedoman Observasi, wawancara dan dokumentasi.Analisis data dilakukan secara integratif. Hasil penelitian ini, Alur informasi administrasi di masing-masing instalasi pelayanan sudah terarah dan sesuai standar prosedur kesehatan.Dilihat dari usaha pihak rumah sakit dalam menjelaskan denah kepada pasien dan satpam membantu mengecek kelengkapan berkas sebelum mendaftar.SDM yang bertugas masih belum sesuai standar.Perangkat komputer yang tersedia sudah cukup, hanya perlu diperbaharui.Kinerja karyawan setelah menggunakan sistem informasi sudah meningkat dibandingkan dengan sistem sebelumnya yang masih manual. Disimpulkan bahwa gambaran sistem informasi administrasi rumah sakit untuk meningkatkan kinerja karyawan padaAlur informasi administrasi sudah bagus dan terarah, kualitas SDM masih belum sesuai standar, ketersediaan perangkat komputer sudah memadai tetapi perlu diperbaharui, dan kinerja karyawan sudah meningkat, namun tetap harus ada penjagaan dan peningkatan mutu agar pelayanan meningkat secara kuantitas dan lebih baik secara kualitas.Saran peneliti untuk rumah sakit, khususnya di bagian administrasi instalasi pelayanan pasien agar terus ditingkatkan kualitas petugas dan penunjang kerja yang berkaitan dengan system informasi.Perangkat keras yang sudah lama dan sering terkendala sebaiknya diganti, dan petugas diberikan pelatihan yang intensif. Kata Kunci : Sistem Informasi, Kinerja Karyawan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Administrasi Rumah Sakit
N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Administrasi Rumah Sakit
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Kesehatan > Administrasi Rumah Sakit
Divisions: Library of Congress Subject Areas > Administrasi Rumah Sakit
Library of Congress Subject Areas > N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Administrasi Rumah Sakit
Fakultas Kesehatan > Administrasi Rumah Sakit
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 26 Nov 2022 04:02
Last Modified: 26 Nov 2022 04:02
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/587

Actions (login required)

View Item View Item