Pengaruh Penggunaan Media Powerpoint Terhadap Minat Belajar Bahasa Arab Siswa (Peeriview)

Elvia, Susanti and Mahyudin, Ritonga and Bambang, Bambang (2020) Pengaruh Penggunaan Media Powerpoint Terhadap Minat Belajar Bahasa Arab Siswa (Peeriview). Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab.

[img] Text
Review Artikel7.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media power point terhadap minat siswa mempelajari bahasa Arab, tujuan ini didasarkan pada permasalahan rendahnya minat siswa dalam mempelajari bahasa Arab, rendahnya motivasi tersebut menurut hipotesis peneliti salah satunya disebabkan oleh ketidakmampuan 180 | Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab, Vol. 4, No. 1, 2020 guru dalam menggunakan media yang sudah akrab dengan siswa seperti power point. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan uji pengaruh penggunaan powerpoint pada pembelajaran di kelas dan melihat tingginya pengaruhnya terhadap minat belajar bahasa Arab siswa. Sumber data semua siswa kelas X dan teknik analisis data menggunakan rekresi sederhana yang dibantu dengan SPSS versi 24. Analisis data penelitian menunjukkan: 1) media powerpoint pada pembelajaran bahasa Arab dalam kategori tinggi, yang dibuktikan dengan median 82,5 2) minat belajar bahasa Arab siswa berada pada kategori dengan median 61,7. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan sebesar 25,7% oleh variabel X terhadap variabel Y, dengan nilai sig 0,008 dan R square 0,257. Kata Kunci: media pembelajaran, minat, bahasa Arab, peningkatan

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 05 Feb 2021 07:48
Last Modified: 05 Feb 2021 07:48
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/64

Actions (login required)

View Item View Item