Desrayeni, Desrayeni (2022) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGHAFAL AYAT AL-QUR’AN MELALUI METODE DRILL PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 29 SUNGAI GERINGGING. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Text
Tesis Desrayeni.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang upaya metode Drill dalam meningkatkah Hasil Belajar dan langkah –langkah dari metode drill dalam meningkatkan hasil belajar menghafal Ayat Al-Qur’an serta mendeskripsikan kelebihan dan kelemahan dari Metode Drill dalam meningkatkan hasil belajar menghafal ayat Al-Qur’an pada siswa kelas VI SDN 29 Sungai Geringging.Penelitian ini menggunakan Pendekatan kualitatif dengan metode Deskriptif.Sumber data yang digunakan terdiri dari sumber data primer dan skunder, Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi.Data dianalisis melalui reduksi data,penyajian data dan penarikan kesimpulan.Sedangkan uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1.Metode Drill dalam meningkatkan hasil Belajar Menghafal Ayat Al-Qur’an Pada siswa kelas VI SD Negeri 29 Sungai Geringging. mengalami peningkatan setelah diterapkannya metode pembelajaran Drill. Hal ini terlihat dari prosentase ketuntasan belajar secara klasikal dengan prosentase pada tahap pertama lebih sebagian siswa hafal ayat yag telah ditugaskan, dan pada tahap kedua semua siswa bisa hafal hafal ayat yang telah ditugaskan. Dengan demikian penerapan metode pembelajaran Drill sangat efektif untuk meningkatkan Hasil belajar menghafal Ayat Al-Qur’an. 2.Langkah – langkah Metode Drill dalam meningkatkan Hasil Belajar Menghafal Ayat Al-Qur’an Pada siswa Kelas VI SD Negeri 29 Sungai Geringging. a. Guru memberikan penjelasan tentang hasil yang ingin dicapai dari pelaksanaan latihan. b.Guru memberikan latihan sebagai persiapan untuk pelaksanaan. c.Melaksanakan pelatihan yang sesungguhnya. d.Latihan dilakukan secara berulang-ulang dan guru memberikan petunjuk-petunjuk yang dibutuhkan. e.Setelah melaksanakan latihan guru memberikan komentar atas hasil yang dicapai siswa. d. Setiap siswa harus memiliki Buku Juz Amma supaya mudah untuk menghafal ayat Al-Qur’an bisa dibaca ketika duduk di halaman sekolah,jika disuruh untuk menghafalnya.3.Kelebihan dan kekurangan dari metode Drill dalam meningkatkan hasil belajar menghafal Ayat Al-Qur’an Pada siswa Kelas VI SD Negeri 29 Sungai Geringging.kelebihan metode Drill : a.Kelebihan Metode Drill1 Bahan yang diberikan secara teratur, tidak loncat -loncat dan langkah demi langkah akan melekat pada diri anak dan benar -benar menjadi miliknya.b. Adanya pengawasan bimbingan dan koreksi yang segera diberikan oleh guru memungkinkan muriduntuk segera melakukan perbaikan terhadap kesalahan-kesalahannya. Dengan demikian juga akan menghemat waktu belajarnya.c.Pengetahuan atau ketrampilan siap yang telah terbentuk sewaktu -waktu dapat dipergunakan dalam keperluan sehari -hari baik untuk keperluan studi maupun untuk bekal hidup di masyarakat kelak. Kekurangan Metode Drill Dapat membentuk kebiasaan yang kaku. Respon yang terbentuk secara otomatis akan ataupun kepada mata pelajarannya Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode Drill. Ayat Al-Qur’an
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Metode Drill. Ayat Al-Qur’an |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email repo@umsb.ac.id |
Date Deposited: | 26 Dec 2022 04:10 |
Last Modified: | 26 Sep 2024 08:14 |
URI: | http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/800 |
Actions (login required)
View Item |