Implementasi Metode Sam’iyyah Syafawiyah Dalam Pembelajaran Mufradat Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTsS TI Batang Kabung

Eliv, Septeten (2022) Implementasi Metode Sam’iyyah Syafawiyah Dalam Pembelajaran Mufradat Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTsS TI Batang Kabung. Other thesis, Pendidikan Bahasa Arab.

[img] Text
skripsi eliv full.pdf

Download (2MB)

Abstract

Implementasi Metode Sam’iyyah Syafawiyah Dalam Pembelajaran Mufradat Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTsS TI Batang Kabung Oleh : Eliv Septeten NIM : 1806002013004 Dalam pembelajaran Bahasa Arab khususnya materi tentang Mufradat seorang guru harus bisa memahami latar belakang siswa karena setiap siswa memiliki daya tangkap yang berbeda. Seorang guru juga harus bisa menentukan metode yang tepat dengan materi pembelajaran dan media yang menarik agar siswa tidak bosan sehingga siswa mudah dalam memahami pelajaran, sebab menggunakan sebuah metode yang tepat sangat membantu keberhasilan siswa dalam belajar. Permasalahan yang dapat diangkat dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana bentuk metode sam‟iyyah syafawiyah dalam pembelajaran mufradat siswa kelas VIII di MTsS TI Batang Kabung?, 2. Bagaimana Implementasi metode sam‟iyyah syafawiyah dalam pembelajaran mufradat untuk meningkatkan kemampuan komunikasi Bahasa Arab siswa kelas VIII di MTsS TI Batang Kabung?, 3. Apa dampak Metode sam‟iyyah syafawiyah dalam pembelajaran mufradat untuk meningkatkan kemampuan komunikasi Bahasa Arab siswa kelas VIII di MTsS TI Batang Kabung?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk metode sam‟iyyah syafawiyah, Implentasi metode sam‟iyyah syafawiyah dalam pembelajaran mufradat dan dampak metode sam‟iyyah syafawiyah dalam pembelajaran mufradat untuk meningkatkan kemampuan komunikasi Bahasa Arab siswa kelas VIII di MTsS TI Batang Kabung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII D di MTsS TI Batang Kabung. Dalam penelitian ini diambil ( 4 ) orang informan yaitu guru mata pelajaran Bahasa Arab dan ( 3 ) tiga siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, penyajian informasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode sam‟iyyah syafawiyah dalam pembelajaran Bahasa Arab di kelas VIII D MTsS TI Batang Kabung cukup menarik karena dipadukan dengan disiplin belajar dan media yang bervariasi sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif dan terfokus. Penelitian ini juga menemukan bahwa pembelajaran menggunakan metode ini lebih disukai oleh siswa karena metode ini melibatkan siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran sehingga siswa tidak merasa bosan dan semangat untuk belajar. Dan dapat disimpulkan bahwa metode sam‟iyyah syafawiyah ini memiliki dampak positif yang cukup baik dalam meningkatkan kemampuan komunikasi siswa sehingga tercapainya tujuan pembelajaran yang efektif. Kata Kunci :Implementasi pembelajaran mufradat, meningkatkan kemampuan komunikasi Bahasa Arab

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Library of Congress Subject Areas > D History General and Old World > Pendidikan Bahasa Arab
Library of Congress Subject Areas > A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab
Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab
Library of Congress Subject Areas > N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab
Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 30 Dec 2022 04:30
Last Modified: 30 Dec 2022 04:36
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/866

Actions (login required)

View Item View Item