Wella Andini, Putri (2025) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA AUGMENTED REALITY DI KELAS V SD N 01 TANJUNG PAUH KABUPATEN LIMA PULUH KOTA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
![]() |
Text
SKRIPSI WELLA ANDINI PUTRI - COVER - BAB I.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI WELLA ANDINI PUTRI - BAB II - LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan yaitu rendahnya hasil belajar murid pada mata pelajaran matematika. Rendahnya hasil belajar matematika disebabkan oleh berbagai faktor, di antaranya yaitu guru belum menggunakan model dan media yang menarik, sehingga murid kurang tertarik pada mata pelajaran matematika. Sehubungan adanya permasalahan di atas, penelitian ini diharapkan dapat memperbaiki mutu belajar matematika di SD Negeri 01 Tanjung Pauh dalam meningkatkan kemampuan hasil belajar matematika murid. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) menggunakan Media Augmented Reality (AR) diharapkan dapat dapat meningkatkan hasil belajar murid pada mata pembelajaran matematika.Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II, terdiri dari beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) menggunakan Media Augmented Reality (AR) dapat meningkatan hasil belajar matematika murid. Hal ini terbukti dari perolehan hasil belajar siswa yang terus meningkat. Hasil belajar murid menunjukkan peningkatan, dari 75% dengan katagori Baik (B) pada siklus I menjadi 88% dengan katagori Sangat Baik (SB) pada siklus II. Berdasarkan temuan tersebut,dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning berbantuan media Augmented Reality terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V di SDN 01 Tanjung Pauh.
Actions (login required)
![]() |
View Item |