PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA AUGMENTED REALITY DI KELAS V SD N 01 TANJUNG PAUH KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

Wella Andini, Putri (2025) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA AUGMENTED REALITY DI KELAS V SD N 01 TANJUNG PAUH KABUPATEN LIMA PULUH KOTA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
SKRIPSI WELLA ANDINI PUTRI - COVER - BAB I.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI WELLA ANDINI PUTRI - BAB II - LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan yaitu rendahnya hasil belajar murid pada mata pelajaran matematika. Rendahnya hasil belajar matematika disebabkan oleh berbagai faktor, di antaranya yaitu guru belum menggunakan model dan media yang menarik, sehingga murid kurang tertarik pada mata pelajaran matematika. Sehubungan adanya permasalahan di atas, penelitian ini diharapkan dapat memperbaiki mutu belajar matematika di SD Negeri 01 Tanjung Pauh dalam meningkatkan kemampuan hasil belajar matematika murid. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) menggunakan Media Augmented Reality (AR) diharapkan dapat dapat meningkatkan hasil belajar murid pada mata pembelajaran matematika.Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II, terdiri dari beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) menggunakan Media Augmented Reality (AR) dapat meningkatan hasil belajar matematika murid. Hal ini terbukti dari perolehan hasil belajar siswa yang terus meningkat. Hasil belajar murid menunjukkan peningkatan, dari 75% dengan katagori Baik (B) pada siklus I menjadi 88% dengan katagori Sangat Baik (SB) pada siklus II. Berdasarkan temuan tersebut,dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning berbantuan media Augmented Reality terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V di SDN 01 Tanjung Pauh.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning (PBL), Augmented reality (AR), Hasil Belajar Matematika.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Library of Congress Subject Areas > A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Library of Congress Subject Areas > N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 01 Oct 2025 02:29
Last Modified: 01 Oct 2025 02:29
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3717

Actions (login required)

View Item View Item