PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN MINAT BELAJAR MURID PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS IV SD ISLAM KHAIRA UMMAH KOTA PADANG

Zahratul, Romadani (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN MINAT BELAJAR MURID PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS IV SD ISLAM KHAIRA UMMAH KOTA PADANG. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
SKRIPSI ZAHRATUL ROMADANI-COVER-BAB I.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI ZAHRATUL ROMADANI-BAB II-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat belajar murid akibat media pembelajaran yang digunakan guru kurang efektif dan cenderung monoton. Berdasarkan itu peneliti bertujuan untuk mengembangkan Media Pembelajaran Wordwall berbasis Problem Based Learning (PBL) guna meningkatkan minat belajar murid pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) dikelas IV SD Islam Khaira Ummah Kota Padang yang valid, praktis, dan efektif. Media Pembelajaran Wordwall yaitu meningkatkan minat belajar murid dan menambah pengetahuan baru murid, meningkatkan motivasi dan aktivitas pembelajaran murid. Penelitian ini termasuk kepada jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Adapun model penelitian yang peneliti gunakan adalah model 4D yang mencakup langkah-langkah define (pendefenisian), design (perancangan), development (pengembangan), dan disseminate(penyebarluasan). Pada kelas IV SD Islam Khaira Ummah Kota Padang dengan jumlah murid 28. Hasil dari pengembangan media pembelajaran Wordwall Berbasis Problem Based Learning terhadap peningkatan minat belajar murid pada mata pelajaran IPAS dikelas IV SD Islam Khaira Ummah Kota Padang mencapai 89% kategori sangat valid, 96% kategori sangat praktis dan 90% kategori sangat efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Wordwall, Problem Based Learning,IPAS.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Library of Congress Subject Areas > A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Library of Congress Subject Areas > N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 10 Oct 2025 02:02
Last Modified: 10 Oct 2025 02:02
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3737

Actions (login required)

View Item View Item