Zahratul, Romadani (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN MINAT BELAJAR MURID PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS IV SD ISLAM KHAIRA UMMAH KOTA PADANG. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
![]() |
Text
SKRIPSI ZAHRATUL ROMADANI-COVER-BAB I.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI ZAHRATUL ROMADANI-BAB II-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (14MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat belajar murid akibat media pembelajaran yang digunakan guru kurang efektif dan cenderung monoton. Berdasarkan itu peneliti bertujuan untuk mengembangkan Media Pembelajaran Wordwall berbasis Problem Based Learning (PBL) guna meningkatkan minat belajar murid pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) dikelas IV SD Islam Khaira Ummah Kota Padang yang valid, praktis, dan efektif. Media Pembelajaran Wordwall yaitu meningkatkan minat belajar murid dan menambah pengetahuan baru murid, meningkatkan motivasi dan aktivitas pembelajaran murid. Penelitian ini termasuk kepada jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Adapun model penelitian yang peneliti gunakan adalah model 4D yang mencakup langkah-langkah define (pendefenisian), design (perancangan), development (pengembangan), dan disseminate(penyebarluasan). Pada kelas IV SD Islam Khaira Ummah Kota Padang dengan jumlah murid 28. Hasil dari pengembangan media pembelajaran Wordwall Berbasis Problem Based Learning terhadap peningkatan minat belajar murid pada mata pelajaran IPAS dikelas IV SD Islam Khaira Ummah Kota Padang mencapai 89% kategori sangat valid, 96% kategori sangat praktis dan 90% kategori sangat efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan valid, praktis dan efektif.
Actions (login required)
![]() |
View Item |