Ahmad Ihsan, Zulfikri (2025) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PESERTA DIDIK DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PADANG. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
|
Text
SKRIPSI AHMAD IHSAN-COVER-BAB I.pdf Download (3MB) |
|
|
Text
SKRIPSI AHMAD IHSAN-BAB II-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Al-Qur’an merupakan kitab suci yang senantiasa mengajak manusia untuk menuntut ilmu pengetahuan, bahkan dalam salah satu ayat alqur’an, Allah SWT menjanjikan akan menempatkan orang-orang yang berpengetahuan pada derajat yang lebih tinggi, dan diberi kebajikan yang banyak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai teladan, sebagai mediator dan evaluator dalam meningkatkan kemmapuan membaca Alquran peserta didik di SMA Muhammadiyah 1 Padang. Penelitian ini bersifat kualitatif menggunakan pendekatan studi kasus dengan lokasi penelitian di SMA Muhammadiyah 1 Padang. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam pada informan, pengamatan pada interaksi guru PAI dengan peserta didik, dokumentasi melalui berbagai data-data yang berkaitan dengan peran guru PAI di lingkungan sekolah. Data lapangan akan dianalisa dan ditarik kesimpulan untuk dideskripsikan. Hasil penelitian menunjukan bahwa, pertama, peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai teladan untuk meningkatkan kemampuan belajar membaca Alquran peserta didik di SMA Muhammadiyah 1 Padang dengan memberikan contoh yang baik kepada peserta didik, berbahasa yang baik, bersikap baik, dan mengajarkan kedisiplinan. Kedua, guru PAI sebagai mediator untuk meningkatkan kemampuan membaca alquran peserta didik di SMA Muhammadiyah 1 Padang tidak hanya berpatokan kepada papan tulis dan buku materi saja, tetapi juga bisa menjelaskan materi dalam bentuk media lainnya. Ketiga, guru PAI sebagai evaluator dalam meningkatkan kemampuan belajar membaca alquran peserta didik di SMA Muhammadiyah 1 Padang adalah dengan menentukan keberhasilan peserta didik mencapai tujuan pembelajaran, tingkat keberhasilan, serta melakukan evaluasi bagi peserta didik yang sulit menangkap pelajaran.
Actions (login required)
![]() |
View Item |
