PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PESERTA DIDIK DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PADANG

Ahmad Ihsan, Zulfikri (2025) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PESERTA DIDIK DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PADANG. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
SKRIPSI AHMAD IHSAN-COVER-BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI AHMAD IHSAN-BAB II-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Al-Qur’an merupakan kitab suci yang senantiasa mengajak manusia untuk menuntut ilmu pengetahuan, bahkan dalam salah satu ayat alqur’an, Allah SWT menjanjikan akan menempatkan orang-orang yang berpengetahuan pada derajat yang lebih tinggi, dan diberi kebajikan yang banyak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai teladan, sebagai mediator dan evaluator dalam meningkatkan kemmapuan membaca Alquran peserta didik di SMA Muhammadiyah 1 Padang. Penelitian ini bersifat kualitatif menggunakan pendekatan studi kasus dengan lokasi penelitian di SMA Muhammadiyah 1 Padang. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam pada informan, pengamatan pada interaksi guru PAI dengan peserta didik, dokumentasi melalui berbagai data-data yang berkaitan dengan peran guru PAI di lingkungan sekolah. Data lapangan akan dianalisa dan ditarik kesimpulan untuk dideskripsikan. Hasil penelitian menunjukan bahwa, pertama, peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai teladan untuk meningkatkan kemampuan belajar membaca Alquran peserta didik di SMA Muhammadiyah 1 Padang dengan memberikan contoh yang baik kepada peserta didik, berbahasa yang baik, bersikap baik, dan mengajarkan kedisiplinan. Kedua, guru PAI sebagai mediator untuk meningkatkan kemampuan membaca alquran peserta didik di SMA Muhammadiyah 1 Padang tidak hanya berpatokan kepada papan tulis dan buku materi saja, tetapi juga bisa menjelaskan materi dalam bentuk media lainnya. Ketiga, guru PAI sebagai evaluator dalam meningkatkan kemampuan belajar membaca alquran peserta didik di SMA Muhammadiyah 1 Padang adalah dengan menentukan keberhasilan peserta didik mencapai tujuan pembelajaran, tingkat keberhasilan, serta melakukan evaluasi bagi peserta didik yang sulit menangkap pelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Membaca Alquran, Muhammadiyah
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Agama Islam
A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 06 Nov 2025 02:16
Last Modified: 06 Nov 2025 02:16
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3805

Actions (login required)

View Item View Item