Ultra, Zaka Ulfikri (2021) Peranan Manajemen Operasional Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Di Nikita Hotel Bukittinggi. Diploma thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA BARAT.
Text
16014 Ultra Zaka U.pdf Download (6MB) |
Abstract
Ultra Zaka Ulfikri (2021), Dalam situasi new normal seperti saat ini dibutuhkan usaha yang lebih untuk mengelola jalannya suatu industri perhotelan. Dimana terdapat protokol kesehatan dan SOP yang diberikan oleh pemerintah untuk ditaati agar hotel yang dikelola dapat beroperasi dengan aman. Salah satu usaha yang dapat dilakukan oleh pengelola hotel pada saat new normal ini yaitu meningkatkan mutu pelayanan yang ada di hotel. Hal ini dapat menjaga image hotel dalam mengait tamu yang akan berkunjung. Oleh karena itu untuk mencapai mutu pelayanan tersebut perusahaan dibutuhkan upaya dengan perencanaan yang baik. Nikita Hotel adalah salah satu hotel yang terkena dampak COVID-19, walaupun demikian hotel harus tetap bertahan dengan cara memberikan pelayanan yang terbaik kepada tamu. Berdasarkan hasil wawancara peneliti dengan HRD Nikita Hotel Bukittinggi yaitu Ibu Yaya Abrar menyatakan bahwa, Sebelum dan sesudah pandemi Nikita Hotel tetap memberikan pelayanan yang terbaik kepada tamu namun, karena kondisi new normal saat sekarang ini harus mematuhi protokol kesehatan dan sesuai dengan CHSE. Berdasarkan kondisi tersebut penulis ingin meneliti bagaimana peranan manajemen operasional dalam meningkatkan mutu pelayanan di era new normal. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. dengan objek penelitian peranan manajemen operasional dalam meningkatkan mutu pelayanan di era new normal di Nikita Hotel Bukittinggi. informan pada penelitian ini adalah 2 orang top management operasional 1 orang middle management dan 10 orang first line management yaitu seluruh karyawan yang ada di Nikita Hotel. metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan manajemen operasional dalam meningkatkan mutu pelayanan di Nikita Hotel berjalan sesuai rencana didalam kondisi new normal. Semua aktivitas di Nikita Hotel menjalankan protokol kesehatan dengan lancar dan telah bersetifikat CHSE. Selalu menjaga CHSE di lingkungan hotel sehingga hotel dapat beroperasi dengan aman dan lancar di saat situasi new normal ini dan selalu up to date tentang kebijakan- kebijakan baru dari pemerinthan sekitar. Kata Kunci : Manajemen Operational, Mutu Pelayanan dan CHSE
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > Perhotelan D History General and Old World > Fakultas Pariwisata > Perhotelan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pariwisata > Perhotelan |
Divisions: | Library of Congress Subject Areas > G Geography. Anthropology. Recreation > Perhotelan Library of Congress Subject Areas > D History General and Old World > Fakultas Pariwisata > Perhotelan Fakultas Pariwisata > Perhotelan |
Depositing User: | Unnamed user with email repo@umsb.ac.id |
Date Deposited: | 30 Jan 2023 02:57 |
Last Modified: | 30 Jan 2023 02:57 |
URI: | http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/1047 |
Actions (login required)
View Item |