Erin, Setiawati (2021) Faktor-Faktor Motivasi Kerja Karyawan Pada Masa Pandemi ( Studi Kasus di Kejora café Kabupaten Pasaman Barat). Diploma thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA BARAT.
Text
17008 ERIN SETIAWATI.pdf Download (10MB) |
Abstract
Erin Setiawati (2021), motivasi kerja adalah salah satu hal yang mempengaruhi prilaku manusia, motivasi disebut juga sebagai pendorong keinginan, pendukung atau kebutuhan-kebutuhan yang dapat membuat seseorang bersemangat dan termotivasi untuk memenuhi dorongan diri sendiri, sehingga dapat bertindak dan berbuat menurut cara-cara tertentu yang akan membawa kearah yang optimal moto penggerak yang paling vital dalam sebuah pencapaian kinerja. Faktor internal adalah motivasi yang dibangkitkan dari dalam diri sendiri. Faktor Eksternal motivasi dimana tenaga kerja dapat bekerja karena tertarik dan senang dengan adanya insentif/bonus, penghargaan dan tanggung jawab dan yang berasal dari luar. Kinerja adalah hasil kerja yang dapat dicapai oleh seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui factor-faktor motivasi kerja karyawan pada masa pandemi di Kejora Cafe. Jenis Penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dimana informan dan faktor – faktor motivasi menjadi objek penelitian. Informan kunci dalam penelitian ini adalah 2 orang karyawan, informan biasa 1 orang owner, 1 orang manager dan 30 pengunjung. Pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara dan observasi. Untuk melihat faktor-faktor yang mempengaruhi kerja karyawan. Berdasarkan hasil wawancara 2 orang karyawan, 1 orang Manager, 1 orang Owner diatas yang menjadi informan dalam penelitian ini faktor-faktor motivasi di dalam faktor internal Kejora Cafe sangat berpengaruh dalam motivasi kerja karyawan merupakan suatu kebutuhan yang sangat penting bagi karyawan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Maka dapat disimpulkan Dari dua faktor-faktor motivasi dalam faktor motivasi kerja karyawan dalam penelitian ini faktor internal yang paling mendominasi adalah poin kebutuhan yang membuat karyawan tetap bekerja dan owner tetap beroperasional walaupun mengalami penurunan pengunjung hingga mencapai 70%. Dalam point kinerja karyawan yang menjadi pengaruh karyawan tetap di pertahankan pada masa pandemi adalah kedisiplinan dalam bekerja. Kata Kunci: Faktor Internal, Faktor Eksternal, Kinerja Karyawan dan Kejora Cafe.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > Perhotelan D History General and Old World > Fakultas Pariwisata > Perhotelan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pariwisata > Perhotelan |
Divisions: | Library of Congress Subject Areas > G Geography. Anthropology. Recreation > Perhotelan Library of Congress Subject Areas > D History General and Old World > Fakultas Pariwisata > Perhotelan Fakultas Pariwisata > Perhotelan |
Depositing User: | Unnamed user with email repo@umsb.ac.id |
Date Deposited: | 30 Jan 2023 03:02 |
Last Modified: | 30 Jan 2023 03:02 |
URI: | http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/1048 |
Actions (login required)
View Item |