Aisyah, Aisyah (2023) PERANCANGAN SOP (STANDAR OPERATING PROCEDURE) PELAYANAN MAKANAN DAN MINUMAN TAMPIAN RESTO AND COFFE DI FAHIRA HOTEL BUKITTINGGI. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Text
17.10.002.93302.001 AISYAH.pdf Download (47MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan komen dari tamu adalah Banyaknya tamu komplain karena pelayanan Waiter dan Waitress yang tidak ramah dan juga pengantaran orderan yang lama, sehingga tamu merasa tidak puas dengan pelayanan yang diberikan oleh Waiter dan Waitress. Kedua belum maksimalnya kualitas kerja Waiter and Waitress dimana karyawan kurang cekatan dalam melayani tamu. Hal tersebut membuat tamu merasa kecewa dan juga memberikan komentar kurang baik di website hotel. Rumusan Masalah penelitian ini adalah Bagaimana merancangan SOP (Standard Operating Procedure) Pelayanan Makanan dan Minuman Tampian Resto and Caffe di Fahira Hotel Bukittinggi melalui tahap persiapan, tahap pembentukan organisasi tim, tahap perencanaan, tahap penyusunan, tahap uji coba, tahap penyempurnaan, tahap implementasi, tahap pemeliharaan dan audit. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancangan SOP (Standard Operating Procedure) Pelayanan Makanan dan Minuman Tampian Resto and Caffe di Fahira Hotel Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian tindakan dengan kualitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah Pelayanan Makanan dan Minuman. Subjek dalam penelitian adalah 4 orang Waiter and Waitress, Head Barista 1 orang dan Direktur I orang di Tampian Resto and Caffe di Fahira Hotel Bukittinggi. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Instrumen yang digunakan adalah panduan wawancara dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data tahap perancangan SOP yang dipakaii yaitu tahap persiapan, tahap pembentukan organisasi tim, tahap penyusunan, tahap uji coba, tahap penyempurnaan, tahap implementasi dan tahap audit. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dari semua tahapan tersebut dapat di rancang pedoman SOP Pelayanan Makanan dan Minuman Tampian Resto and Caffe di Fahira Hotel Bukittinggi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > Perhotelan D History General and Old World > Fakultas Pariwisata > Perhotelan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pariwisata > Perhotelan |
Depositing User: | Unnamed user with email repo@umsb.ac.id |
Date Deposited: | 23 Jan 2024 03:24 |
Last Modified: | 23 Jan 2024 03:24 |
URI: | http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2104 |
Actions (login required)
View Item |