Johan, Johan (2024) ANALISIS MANAJEMEN OPERASIONAL DEPARTEMEN HOUSEKEEPING DI HOTEL NIKITA BUKITTINGGI. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA BARAT.
Text
20240012 Johan.pdf Download (6MB) |
Abstract
FAKULTAS PARIWISATA PROGRAM STUDI PERHOTELAN Proyek Akhir, Agustus 2024 Johan Analisis Manajemen Operasional Departemen Housekeeping di Hotel Nikita Bukittinggi ABSTRAK Johan (2024), Manajemen Operasional dalam suatu perusahaan atau industri merupakan kunci utama kelancaran Departement Housekeeping. Departement Housekeeping merupakan suatu divisi yang ada di hotel terdiri dari beberapa section diantaranya public area, floor section dan laundry, yang bertanggung jawab menjaga, merawat dan membersihkan seluruh area hotel agar tetap bersih dan indah. Jika manajemen operasional departemen housekeeping seperti public area, floor section, dan laundry terlihat belum berjalan dengan baik, maka berdampak kepada layanan hotel. Jika manajemen operasional departemen housekeeping seperti public area, floor section, dan laundry berjalan sesuai harapan, maka operasional housekeeping bisa berjalan dengan baik sebagaimana hotel pada umumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana manajemen operasional departemen housekeeping yaitu public area, floor section dan laundry di Hotel Nikita Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah evaluasi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dengan objek penelitian analisis manajemen operasional departemen housekeeping di Hotel Nikita Bukittinggi, informan pada penelitian ini adalah 1 orang top management, 1 orang middle management dan 5 orang first line management yaitu seluruh karyawan housekeeping yang ada di Hotel Nikita Bukittinggi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh terkait manajemen operasional departement housekeeping di Hotel Nikita Bukittinggi dari sepuluh keputusan strategis manajemen operasional terlihat bahwa ada enam indikator yang berjalan dengan baik di public area, floor section dan laundry diantaranya, desain produk dan jasa, pengelolaan kualitas, desain proses dan kapasitas, strategi lokasi, sumber daya manusia dan desain pekerjaan, penentuan jadwal, dan empat indikator yang vi belum bisa berjalan dengan baik, diantaranya strategi tata ruang, manajemen rantai pasokan, manajemen persediaan dan pemeliharaan yang kurang berjalan dengan baik manajemennya, hal ini dapat disimpulkan dari hasil wawancara dan dokumentasi peneliti. Kata kunci: Manajemen Operasional, dan Departement Housekeeping
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > Perhotelan D History General and Old World > Fakultas Pariwisata > Perhotelan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pariwisata > Perhotelan |
Divisions: | Library of Congress Subject Areas > G Geography. Anthropology. Recreation > Perhotelan Library of Congress Subject Areas > D History General and Old World > Fakultas Pariwisata > Perhotelan Fakultas Pariwisata > Perhotelan |
Depositing User: | Unnamed user with email repo@umsb.ac.id |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 04:55 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 04:55 |
URI: | http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3215 |
Actions (login required)
View Item |