Verdi, Fadhilah (2024) PENERAPAN REKAYASA MENU (MENU ENGINEERING) PADA MENU A’LA CARTE UNTUK PENGEMBANGAN PRODUK (MENU) DI RESTORAN SERAMBI RASA THE BALCONE HOTEL SUITE & RESORT. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA BARAT.
Text
20240017 Verdi Fadhilah.pdf Download (4MB) |
Abstract
FAKULTAS PARIWISATA PROGRAM STUDI PERHOTELAN Proyek Akhir, Agustus 2024 VERDI FADHILAH Penerapan Rekayasa Menu (Menu Engineering) Pada Menu A’la Carte Untuk Pengembangan Produk (Menu) Baru Di Restoran Serambi Rasa The Balcone Hotel Suite & Resort ABSTRAK Verdi Fadhilah (2024). Rekayasa menu (menu engineering) merupakan metode evaluasi menu dengan melihat tingkat profibilitas dan tingkat keuntungan setiap item pada menu yang menjadi performa dalam periode tertentu dan kemudian diklasifikasikan atau dikelompokan, guna mengembangkan produk (menu) dengan mengelompok menu ke dalam jenis hidangan yakni appetizer, soup, main course dan dessert. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepopuleran dan keuntungan dari masing-masing menu serta mengembankan menu dan melakukan eksperimen pada satu menu baru untuk melihat tingkat kesukaan pada menu tersebut di Restoran Serambi Rasa The Balcone Hotel Suites & Resort. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode statistik deskriptif, dimana variabel bebas ialah rekayasa menu (menu engineering) dan variabel terikat ialah pengembangan produk (menu). Sampel dalam penelitian ini ada 2 yakni keseluruhan menu di Restoran Serambi Rasa dan 95 orang sebagai panelis. Dengan menggunakan anlisis data pertama yakni tahapan rekayasa menu (menu engineering) dan kedua uji oraganoleptik menggunakan penilaian tingkat kesukaan (uji hedonik). Berdasarkan hasil pada variabel rekayasa menu (menu engineering), diperoleh menu star ada 5 item, menu plowhorse ada 15 item, menu puzzle ada 10 item dan menu dog ada 7 item. Variabel pengembangan produk (menu) diperoleh 10 item yang didapatkan dari 3 menu puzzle dan 7 menu dog yang dikelompokan ke jenis hidangan yakni main course ada 8 ietm, appetizer ada 1 item dan dessert ada 1 item. Kemudian diambil satu menu baru untuk dilakukan eksperimen kepada 3 panelis ahli dan disebarkan kepada 92 panelis bukan ahli melaluik kuesioner, berdasarkan hasil uji hedonik dengan menggunakan metode statistik deskriptif, diperoleh 43 panelis memilih suka dari segi aroma, 52 panelis memilih suka dari segi warna, 54 panelis memilih suka dari segi tekstur dan 53 panelis memilih suka dari segi rasa . Kata Kunci: Rekayasa Menu (Menu Engineering): Star, Plowhorse, Puzzle dan Dog dan Pengembangan Produk (Menu): Appetizer, Soup, Main Course dan Dessert
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > Perhotelan D History General and Old World > Fakultas Pariwisata > Perhotelan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pariwisata > Perhotelan |
Divisions: | Library of Congress Subject Areas > G Geography. Anthropology. Recreation > Perhotelan Library of Congress Subject Areas > D History General and Old World > Fakultas Pariwisata > Perhotelan Fakultas Pariwisata > Perhotelan |
Depositing User: | Unnamed user with email repo@umsb.ac.id |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 06:39 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 06:39 |
URI: | http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3220 |
Actions (login required)
View Item |