PERANCANGAN STANDARD OPERATIONAL PROCEDUR (SOP) PELAYANAN WAITER DAN BARISTA DI ABOUT.TH COFFEE PASAMAN BARAT

Rahmat, Alfajri (2024) PERANCANGAN STANDARD OPERATIONAL PROCEDUR (SOP) PELAYANAN WAITER DAN BARISTA DI ABOUT.TH COFFEE PASAMAN BARAT. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA BARAT.

[img] Text
20240019 Rahmat Alfajri.pdf

Download (4MB)

Abstract

FAKULTAS PARIWISATA PROGRAM STUDI PERHOTELAN PROYEK AKHIR, 21 AGUSTUS 2024 Perancangan Standard Operational Procedure (SOP) Pelayanan Waiter dan Barista di About.th Coffee Pasaman Barat ABSTRAK Rahmat Alfajri (2024) Standar Operasional Prosedur (SOP) adalah dokumen yang berkaitan dengan prosedur yang dilakukan secara kronologis untuk menyelesaikan suatu pekerjaan yang bertujuan untuk memperoleh hasil kerja yang paling efektif daripada pekerja dengan biaya yang serendah-rendahnya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan settingan tindakan bertujuan untuk merancangan SOP Pelayanan Waiter dan Barista, meningkatkan konsistensi kedisiplinan operasional serta mengawasi dan memastikan bahwa perancangan SOP dapat berkontribusi pada peningkatan penjualan di About.th Coffee. Objek penelitian ini di About.th Coffee Pasaman Barat. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi dan wawancara, sedangkan teknik analisis data yang digunakan pada penelitian adalah reduksi data, penyajian data serta menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan antara lain: 1) Penulis dan Tim Perancangan Standard Operational Procedure (SOP) beserta Assesor Waiter dan Assesor Barista berhasil merancang sebuah Standard Operational Procedure (SOP) Pelayanan Waiter dan Barista di About.th Coffee serta menguji coba sekaligus Assesment terhadap Standard Operational Procedure (SOP) yang sudah di buat dan menetapkan aturan kerja pada saat operasional serta membuatkan aturan atau tata cara berkomunikasi dengan baik antara tim maupun ke pengunjung dan berpakaian yang baik (uniform) pada saat operasional. 2) Setelah Standard Operational Procedure (SOP) dilaksankan, maka dilakukannya audit oleh Manager Operasional dan juga mendengarkan respon dari pelanggan terkait implementasi Standard Operational Procedure (SOP) Pelayanan Waiter dan Barista maka Standard Operational Procedure (SOP) sudah dinyatakan berhasil di implementasikan dengan baik dan benar. 3) Dengan di rancangnya Standard Operational Procedure (SOP) Pelayanan Waiter dan Barista ini juga dapat meningkatkan angka Penjualan yang sebelumnya Fluktuasi sekarang sudah ada kesetabilan grafik angka penjualan di setiap bulannya. Kata Kunci: Perancangan, SOP, Pelayanan, Waiter, Barista, Coffee

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > Perhotelan
D History General and Old World > Fakultas Pariwisata > Perhotelan
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pariwisata > Perhotelan
Divisions: Library of Congress Subject Areas > G Geography. Anthropology. Recreation > Perhotelan
Library of Congress Subject Areas > D History General and Old World > Fakultas Pariwisata > Perhotelan
Fakultas Pariwisata > Perhotelan
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 23 Oct 2024 06:49
Last Modified: 23 Oct 2024 06:49
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3222

Actions (login required)

View Item View Item