Rizio, Martius (2024) EFEKTIVITAS VIDEO PROMOSI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM FAKULTAS PARIWISATA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA BARAT. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA BARAT.
Text
20240021 Rizio Martius.pdf Download (4MB) |
Abstract
FAKULTAS PARIWISATA PROGRAM STUDI PERHOTELAN Tugas Akhir, 20 Agustus 2024 Rizio Martius Efektivitas Video Promosi Media Sosial Instagram Fakultas Pariwisata Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. ABSTRAK Internet telah menjadi media teknologi komunikasi yang sangat penting dalam kehidupan manusia modern. Kemajuan teknologi informasi memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi tanpa batasan ruang dan waktu, yang pada akhirnya mendorong munculnya media sosial sebagai alat utama untuk interaksi dan komunikasi. Salah satu media sosial yang paling populer saat ini adalah Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Instagram sebagai sarana promosi bagi Fakultas Pariwisata. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode penelitian tindakan (action research). Penelitian ini berfokus pada pembuatan konten promosi yang diukur berdasarkan indikator 4C (context, communication, collaboration, connection) serta efektivitas konten tersebut yang diukur melalui engagement rate, reach, dan impression. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konten promosi yang dibuat oleh peneliti telah efektif dalam meningkatkan engagement rate, reach, dan impression. Algoritma Instagram mengindikasikan bahwa 90% dari video konten yang dibuat oleh peneliti berhasil mencapai lebih banyak akun, dan disarankan untuk membuat konten serupa di masa mendatang. Meskipun demikian, hasil penelitian juga mengungkapkan bahwa secara keseluruhan, Instagram belum sepenuhnya menjadi alat promosi yang efektif. Diperlukan perbaikan berkelanjutan untuk memaksimalkan potensi promosi yang lebih luas di masa depan. Temuan ini memberikan acuan bagi Fakultas Pariwisata dalam mengoptimalkan konten promosi di Instagram ke depannya. Kata Kunci: Instagram, Promosi, Media Sosial, Efektivitas, Engagement Rate, Reach, Impression, Fakultas Pariwisata
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > Perhotelan D History General and Old World > Fakultas Pariwisata > Perhotelan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pariwisata > Perhotelan |
Divisions: | Library of Congress Subject Areas > G Geography. Anthropology. Recreation > Perhotelan Library of Congress Subject Areas > D History General and Old World > Fakultas Pariwisata > Perhotelan Fakultas Pariwisata > Perhotelan |
Depositing User: | Unnamed user with email repo@umsb.ac.id |
Date Deposited: | 24 Oct 2024 07:43 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 07:43 |
URI: | http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3236 |
Actions (login required)
View Item |