PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL BERBASIS METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS PADA MURID KELAS III SDN 09 TELUK BAKUNG KABUPATEN PESISIR SELATAN

Ayu, Lestari (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL BERBASIS METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS PADA MURID KELAS III SDN 09 TELUK BAKUNG KABUPATEN PESISIR SELATAN. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
SKRIPSI AYU LESTARI - COVER - BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI AYU LESTARI - BAB II - LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangankan Media Pembelajaran Wordwall berbasis metode inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar IPAS pada murid kelas III SD N 09 Teluk Bakung Kabupaten Pesisir Selatan. Wordwall dikembangkan sebagai media yang interaktif dan mudah diakses, untuk memfasilitasi keterlibatan murid secara aktif dalam pembelajaran. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPAS serta kurangnya penggunaan media teknologi dan pendekatan pembelajaran yang melibatkan keaktifan murid. Pengembangan media ini menggunakan metode inkuiri, yang menekankan keterlibatan murid dalam proses menemukan sendiri pengetahuan melalui tahapannya. Media Pembelajaran Wordwall dikembangkan divalidasi oleh validator dengan menggunakan angket validitas. Sementara pada praktikalitas dinilai menggunakan angket yang dinilai oleh guru dan efektivitas dinilai oleh murid melalui angket efektivitas dengan jumlah 27 murid.Fokus utama pada pengembangan media ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPAS, yang selama ini cenderung masih diajarkan secara konvensional. Hasil penelitian menunjukan Media Pembelajaran Wordwall berbasis metode inkuiri yang dikembangkan menunjukan bahwa validitas memperoleh sebesar 91% (sangat valid), praktikalitas sebesar 90%(sangat praktis), dan efektivitas sebesar 88%(sangat efektif). Hal ini menunjukan bahwa Media Pembelajaran Wordwall berbasis metode inkuiri terbukti mampu meningkatkan hasil belajar IPAS secara signifikan pada murid kelas III SD N 09 Teluk Bakung Kabupaten Pesisir Selatan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Wordwall, Inkuiri, IPAS,
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Library of Congress Subject Areas > A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Library of Congress Subject Areas > N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 01 Oct 2025 01:36
Last Modified: 01 Oct 2025 01:36
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3715

Actions (login required)

View Item View Item