Putri, Jullala (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS V SDN 1 TARATAK BARU KABUPATEN SIJUNJUNG. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
![]() |
Text
SKRIPSI PUTRI JULLALA-COVER-BAB I.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI PUTRI JULLALA-BAB II-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
Penggunaan Media Pembelajaran yang digunakan oleh guru di SDN 1 Taratak Baru Kabupaten Sijunjung kurang optimal dalam menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi yaitu guru hanya menggunakan PPT dan menampilkan slide dalam menjelaskannya kepada murid. Solusinya dikembangkan media pembelajaran Wordwall berbasis Problem Based Learning (PBL). Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran wordwall berbasis problem based learning (PBL) pada mata pelajaran IPAS di kelas V SDN 1 Taratak Baru kabupaten sijunjung yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan R&D (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE yang memiliki 5 tahapan, yaitu Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), Evaluasi (Evaluation). Media yang dikembangkan divalidasi oleh ahli aspek isi, desain, dan bahasa untuk mencapai kategori valid. Untuk mengetahui nilai praktikalitas, efektivitas, media yang dikembangkan dilihat dari angket respon guru dan murid serta dari test belajar murid. Hasil penelitian vali dasi dari aspek isi, Bahasa dan desain menujukan 85% (Sangat Valid) dengan kategori sangat valid. Untuk praktikalitas diperoleh nilai 92%(Sangat Praktis) dengan kategori sangat praktis. Untuk kriteria efektif yaitu sebesar 96%(Sangat Praktis)dengan kategori sangat efektif. Jadi media pembelajaran wordwall berbasis problem based learning (PBL) pada mata pelajaran IPAS sudah mencapai kategori valid, praktis dan efektif
Actions (login required)
![]() |
View Item |