KORELASI MEDIA PRESENTASI MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMPN 6 PARIAMAN

Adek, Oktilasari (2025) KORELASI MEDIA PRESENTASI MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMPN 6 PARIAMAN. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
Tesis Adek Oktalisari (23010040)-COVER-BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Tesis Adek Oktalisari (23010040)-BAB II-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam korelasi antara penggunaan media presentasi berbasis aplikasi Canva dengan minat dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa yang seringkali disebabkan oleh metode pengajaran konvensional yang kurang menarik secara visual dan interaktif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional untuk mengungkap hubungan antar variabel. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa SMPN 6 Pariaman yang berjumlah 323 orang, dengan sampel sebanyak 50 siswa yang dipilih melalui teknik Stratified Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tiga set angket terpisah untuk mengukur variabel penggunaan media Canva, minat belajar, dan hasil belajar. Instrumen tersebut telah melalui uji validitas dan reliabilitas sebelum digunakan. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial, khususnya korelasi Product Moment Pearson, dengan bantuan perangkat lunak SPSS 26.0. Hasil penelitian menunjukkan temuan yang signifikan: (1) Terdapat korelasi positif yang sangat kuat dan signifikan antara penggunaan media Canva (X) dengan minat belajar siswa (Y1), yang dibuktikan dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,994 (p < 0,01). (2) Terdapat korelasi positif yang sangat kuat dan signifikan antara penggunaan media Canva (X) dengan hasil belajar siswa (Y2), dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,993 (p < 0,01). Analisis koefisien determinasi menunjukkan bahwa penggunaan media Canva memberikan kontribusi sebesar 97,2% terhadap varians minat belajar siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa media presentasi Canva memiliki hubungan fungsional yang sangat erat dan positif dalam meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Temuan ini mengimplikasikan bahwa Canva merupakan alat bantu pedagogis yang sangat efektif dan direkomendasikan bagi para pendidik untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih menarik dan berdampak.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Aplikasi Canva, Minat Belajar, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam, Inovasi Pendidikan, Teknologi Pendidikan.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 13 Oct 2025 08:04
Last Modified: 13 Oct 2025 08:04
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3745

Actions (login required)

View Item View Item