Ann Naisar, Siregar (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS E-BOOKSTORY UNTUK MENINGKATKAN LITERASI BACA TULIS MURID KELAS V SDN 18 AIR TAWAR SELATAN KOTA PADANG. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
![]() |
Text
SKRIPSI ANN NAISAR SIREGAR-COVER-BAB I.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI ANN NAISAR SIREGAR-BAB II-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Tantangan utama dalam pembelajaran di SD terutama pada literasi baca tulis. Kegiatan literasi baca tulis merupakan upaya strategis dalam meningkatkan kemampuan dasar murid dalam memahami, mengolah, dan menyampaikan informasi secara tertulis maupun lisan. Rendahnya literasi baca tulis disebabkan kurangnya bahan bacaan yang menarik dan metode pembelajaran yang kurang interaktif. Dalam era digital, penggunaan media seperti E-Bookstory bertujuan dalam menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik dan menyenangkan. Adapun tujuan dari dari penelitian adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis E-Bookstroy yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan R&D (Research and Development) dengan model 4D yang memiliki 4 tahapan, yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan dissemination (penyebaran). Media pembelajaran yang dikembangkan divalidasi oleh ahli aspek isi, aspek bahasa, dan aspek desain untuk mencapai kriteria valid dan praktis. Sedangkan untuk melihat efektifitas dilihat dari angket respon dan hasil murid Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-Bookstroy yang dikembangkan memenuhi kriteria validitas sebesar 90% dengan kategori sangat Valid, Praktikalitas sebesar 94% dengan kategori sangat praktis, dan efektifitas sebesar 93% dengan kategori sangat efektif. Hal ini menandakan bahwa bahwa penggunaan E-Bookstroy sebagai media pembelajaran mampu memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan literasi bacatulis murid SDN 18 Air Tawar Selatan.
Actions (login required)
![]() |
View Item |