Weni, Petria (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN WORDWALL (TTS) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS III SD SABBIHISMA 04 PADANG. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
|
Text
SKRIPSI WENI PETRIA - BAB II - LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
|
|
Text
SKRIPSI WENI PETRIA - COVER-BAB I.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan membuat Media Pembelajaran menggunakan Wordwall dalam bentuk teka-teki silang (TTS) berbasis problem based leraning agar hasil belajar siswa dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) kelas III SDN Sabbihisma 04 Padang. Pembelajaran akan menemui permasalahan terkait dengan proses pembelajaran, Permasalahan tersebut bisa berasal dari pendidik,murid maupun bertujuan untuk menciptakan pengalaman yang lebih menarik,dan berasal dari sarana dan prasarana pendukung pembelajaran. Jenis Penelitian ini menggunakan motede Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Siswa kelas III SDN Sabbihisma 04 Padang menjadi subjek penelitian. Data yang dikumpulkan melalui angket validitas dari validator, Uji coba oleh praktikalitas guru dan, efektifitas pada murid 19 orang, serta tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan media belajar yang dikembangkan memiliki validitas memperoleh skor sebesar 87% kategori sangat valid dalam hal materi dan media. Untuk hasil dari Praktikilitas memperoleh skor sebesar 86% dengan kategori sangat valid. Dan untuk hasil Efektifitas memperoleh skor sebesar 89% dengan kategori sangat valid. Media tersebut juga efektif karena menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa secara signifikan setelah digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Wordwall dalam bentuk TTS berbasis Problem Based learning layak digunakan dalam pembelajaran IPAS. digunakan dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas III SD.
Actions (login required)
![]() |
View Item |
