Ainil, Mardiah (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJAN POP UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) KELAS IV DI SD N12GUNUNG TULEH KABUPATEN PASAMAN BARAT. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
|
Text
SKRIPSI AINIL MARDIAH-COVER-BAB I.pdf Download (5MB) |
|
|
Text
SKRIPSI AINIL MARDIAH-BAB II-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi di sekolah yang menunjukkan bahwa guru masih menggunakan media pembelajaran yang monoton, seperti video yang digunakan secara berulang. Guru belum mencoba secara langsung berbagai media pembelajaran untuk mengetahui efektivitasnya. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan media pembelajaran pop-up book berbasis Problem Based Learning (PBL) yang bertujuan memudahkan guru dalam proses pembelajaran serta meningkatkan keterlibatan aktif siswa. Jenis penelitian yang dipakai ialah penelitian dan pengembangan (research and development ).model yang dipakai pada penelitian ini yaitu model ADDIE mempunyai 5 langkah ialah analisis (analyze), perancangan (Desigh), pengembangan (Development),Implementasi (implementation), serta evaluasi (Evaluation). Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran pop up book berbasis Problem Based Learning dalam validasi memperoleh skor 84% secara klasifikasi sangat valid. Bagi temuan praktikalitas memperoleh skor 95% secara klasifikasi sangat valid. Serta untuk hasil efektivitas memperoleh skor 82% secara klasifikasi sangat valid. Maka media pembelajaran pop up book berbasis problem based learning mencapaikriteria sangat valid,praktis,dan efektiv.
Actions (login required)
![]() |
View Item |
