Daniel, Saputra (2025) PENERAPAN BEHAVIORAL THERAPY UNTUK MENINGKATKAN SELF-CONTROL TERHADAP KECANDUAN GAME ONLINE REMAJA PASIA SABALAH. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
|
Text
SKRIPSI DANIEL SAPUTRA - COVER-BAB I.pdf Download (7MB) |
|
|
Text
SKRIPSI DANIEL SAPUTRA - BAB II-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Peneltian ini dilatar belakangi dengan fenomena yang ditemukan pada remaja Kampung Pasia Sabalah, seperti kesulitan mengatur waktu dalam bermain game, kesulitan untuk mengontrol diri untuk berhenti bermain Game Online, Game Online sudah dijadikan hobi yang melekat pada remaja dan mengesampingkan kegiatan lain seperti belajar. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menguji perbandingan tingkat Self-control remaja terhadap kecanduan Game Online pada test 1 sampai 6 setiap perlakuan dan non-perlakuan Behavioral Therapy. Jenis penelitian yang dipakai adalah akuasi eksperimen, dengan pendekatan Equivalent Time Samples Desaign. Penelitian ini berlokasi di kampung Pasia Sabalah, Koto Tangah, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat. Subjek pada penelitian ini adalah Remaja yang memiliki Self-control yang rendah, yang diambil dengan penyebaran angket. Dalam penelitian ini, instrument penelitian mengunakan skala likert Self-control serta telah diuji validitas dan reliabilitasnya menggunakan rumus alpha cronbach dengan menggunakan statistical Product and Service Solution (SPSS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor Self-control remaja lebih tinggi pada sesi perlakuan dibandingkan non-perlakuan. Pada tes perlakuan, skor meningkat signifikan dari rendah berubah menjadi sedang. Hal ini menegaskan bahwa Behavioral Therapy efektif meningkatkan Self-control remaja terhadap kecanduan Game Online.Dengan hasil skor perbandingan di atas dapat disimpulkan bahwa skor pada sesi perlakuan menunjukkan bahwa Behavioral Therapy efektif mengembangkan kemampuan remaja untuk mengendalikan dorongan bermain Game Online. Dengan demikian Behavioral Therapy memiliki peran signifikan dalam meningkatkan Self-control remaja terhadap kecanduan Game Online, sebagaimana terlihat dari perbandingan skor perlakuan yang selalu tinggi dibandingkan dengan skor non-perlakuan.
Actions (login required)
![]() |
View Item |
