Indra, Melani Yulia (2025) Pengaruh Penggunaan Metode Talking Stick Dengan Media Canva Terhadap Menulis Teks Pidato Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Padangpanjang. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
|
Text
2025(2) - MELANI YULIA INDRA-BAB I.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
2025(2) - MELANI YULIA INDRA-BAB II-V.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa hal, pertama, peserta didik terkendala dalam menulis teks pidato sesuai dengan struktur teks pidato. Kedua, penggunaan metode pembelajaran dalam proses pembelajaran masih belum optimal. Ketiga, pemilihan media yang kurang tepat untuk meningkatkan keterampilan menulis teks pidato. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan metode talking stick dengan media canva terhadap menulis teks pidato siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Padangpanjang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen dengan desain True Experimental Design. Data dikumpulkan menggunakan tes unjuk kerja pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dua kali pertemuan. Pertama, kelas kontrol tanpa menggunakan metode talking stick dengan media canva. Kedua, kelas eksperimen menggunakan metode talking stick dengan media canva. Teknik analisis data, pertama, membaca dan memeriksa teks pidato yang dibuat peserta didik. Kedua, mengubah dan mengolah skor menjadi nilai. Ketiga, mengklasifikasikan kemampuan menulis teks pidato. Keempat, mengklasifikasikan nilai dalam bentuk tabel distribusi frekuensi. Kelima, menentukan rata-rata keterampilan menulis teks pidato. Keenam, melakukan uji normalitas. Ketujuh, melakukan uji homogenitas. Kedelapan, melakukan uji hipotesis. Kesembilan, menyimpulkan hasil dan pembahasan. Hasil penelitian ini adalah Pertama, hasil rata-rata keterampilan menulis teks pidato siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Padangpanjang kelas kontrol 73,44 tergolong cukup. Kedua, rata-rata pada keterampilan menulis teks pidato siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Padangpanjang kelas eksperimen 81,25 tergolong baik. Ketiga, berdasarkan hasil Uji Mann Whitney terdapat pengaruh penggunaan metode talking stick dengan media canva dalam menulis teks pidato siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Padangpanjang. Keempat, Penggunaan metode talking stick dengan media canva dapat digunakan sebagai referensi atau acuan oleh peneliti selanjutnya dan guru sebagai salah satu metode yang dapat digunakan dalam pembelajaran terutama bahasa Indonesia. Hal ini dilihat dari nilai rata-rata keterampilan menulis teks pidato setelah menggunakan metode talking stick dengan media canva (81,25) sedangkan rata-rata menulis teks pidato siswa sebelum menggunakan metode talking stick dengan media canva (73,44). Selisih nilai kelas kontrol dan kelas eksperimen dipersentasekan sebesar 7,81%.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | N Fine Arts > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia H Social Sciences > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia |
| Divisions: | Library of Congress Subject Areas > N Fine Arts > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia Library of Congress Subject Areas > H Social Sciences > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia |
| Depositing User: | Unnamed user with email repo@umsb.ac.id |
| Date Deposited: | 06 Nov 2025 06:41 |
| Last Modified: | 06 Nov 2025 06:41 |
| URI: | http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3814 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
