Yeni, Syafitri (2025) PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN BAAMBOOZLE TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS III SDN 07 IKUR KOTO KOTA PADANG. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
|
Text
SKRIPSI YENI SYAFITRI - COVER-BAB I.pdf Download (4MB) |
|
|
Text
SKRIPSI YENI SYAFITRI - BAB II-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Rendahnya minat belajar Matematika peserta didik Kelas III SDN 07 Ikur Koto Kota Padang, merupakan hal yang melatar belakangi penelitian ini. model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) adalah konsep belajar yang memudahkan guru dan murid dalam memahami materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Media Pembelajaran Baamboozle Terhadap Minat belajar matematika Kelas III SDN 07 Ikur Koto kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan jenis penelitian yaitu eksperimen semu (Quasi Eksperiment). Penelitian ini menggunakan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen (IV B) dan kelompok kontrol (IV A). Dengan jumlah sampel kelas eksperimen (III B) berjumlah 24 Murid dan kelas kontrol (III A) berjumlah 24 Murid. Analisis data yang digunakan adalah statistic parametrik dengan uji hipotesis Independent Sample T-test. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat pengaruh pendekatan contextual teaching and learning (CTL) berbantuan media pembelajaran baamboozle terhadap minat belajar matematika peserta didik. Hal ini dibuktikan dari hasil uji hipotesis berdasarkan Group Statistics pada bagian Mean terdapat perbedaan pada nilai akhir kedua kelas tersebut. Kelas eksperimen memperoleh nilai 81 dengan kategori sangat baik dan kelas kontrol memperoleh nilai 61 dengan kategori baik. Kedua dapat dilihat dari hasil Independent Sample T-test yang menunjukan nilai sig sebesar 0,000 yang menyatakan < dari 0,05 dengan demikian dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak
Actions (login required)
![]() |
View Item |
