PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN BAAMBOOZLE TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS III SDN 07 IKUR KOTO KOTA PADANG

Yeni, Syafitri (2025) PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN BAAMBOOZLE TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS III SDN 07 IKUR KOTO KOTA PADANG. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
SKRIPSI YENI SYAFITRI - COVER-BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI YENI SYAFITRI - BAB II-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Rendahnya minat belajar Matematika peserta didik Kelas III SDN 07 Ikur Koto Kota Padang, merupakan hal yang melatar belakangi penelitian ini. model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) adalah konsep belajar yang memudahkan guru dan murid dalam memahami materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Media Pembelajaran Baamboozle Terhadap Minat belajar matematika Kelas III SDN 07 Ikur Koto kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan jenis penelitian yaitu eksperimen semu (Quasi Eksperiment). Penelitian ini menggunakan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen (IV B) dan kelompok kontrol (IV A). Dengan jumlah sampel kelas eksperimen (III B) berjumlah 24 Murid dan kelas kontrol (III A) berjumlah 24 Murid. Analisis data yang digunakan adalah statistic parametrik dengan uji hipotesis Independent Sample T-test. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat pengaruh pendekatan contextual teaching and learning (CTL) berbantuan media pembelajaran baamboozle terhadap minat belajar matematika peserta didik. Hal ini dibuktikan dari hasil uji hipotesis berdasarkan Group Statistics pada bagian Mean terdapat perbedaan pada nilai akhir kedua kelas tersebut. Kelas eksperimen memperoleh nilai 81 dengan kategori sangat baik dan kelas kontrol memperoleh nilai 61 dengan kategori baik. Kedua dapat dilihat dari hasil Independent Sample T-test yang menunjukan nilai sig sebesar 0,000 yang menyatakan < dari 0,05 dengan demikian dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: CTL , Baamboozle, Minat, Matematika
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Library of Congress Subject Areas > A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Library of Congress Subject Areas > N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 07 Nov 2025 02:42
Last Modified: 07 Nov 2025 02:42
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3824

Actions (login required)

View Item View Item