Kemampuan Menulis Cerpen Berdasarkan Nilai Hikayat Menggunakan Teknik Konstruktivisme Siswa Kelas X MA Kauman Padangpanjang

Islama, Annisa Putri (2023) Kemampuan Menulis Cerpen Berdasarkan Nilai Hikayat Menggunakan Teknik Konstruktivisme Siswa Kelas X MA Kauman Padangpanjang. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
2024 (1) -Annisa Dwi Putri Islami-BAB I.pdf

Download (699kB)
[img] Text
2024 (1) -Annisa Dwi Putri Islami-BAB II-V.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tiga hal. Pertama, kurangnya minat siswa terhadap partisipasi pembelajaran menulis cerpen. Kedua, siswa kurang memiliki kreativitas dalam keterampilan menulis cerpen. Ketiga, belum diterapkan teknik konstruktivisme pada pembelajaran menulis cerpen berdasarkan nilai hikayat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis cerpen berdasarkan nilai hikayat menggunakan teknik konstruktivisme pada siswa kelas X MA Kauman Padangpanjang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Sampel pada penelitian ini 33 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes unjuk kerja dalam menulis cerpen. Teknik analisis data melalui tahapan: 1) memeriksa tulisan siswa menulis cerpen berdasarkan nilai hikayat menggunakan teknik konstruktivisme. 2) mengubah skor menjadi nilai berdasarkan rumus Puwarto. 3) mendeskripsikan data dengan cara mengelompokkan berdasarkan indikator menentukan persentase perolehan nilai, menghitung nilai rata-rata per indikator. 4) mengklasifikasikan data 5) membahas hasil penelitian. 6) menyimpulkan analisis data. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan Pertama dengan nilai 100 kualifikasi sempurna diperoleh 3 siswa. Kedua nilai 94 dengan kualifikasi baik sekali diperoleh 7 siswa. Ketiga nilai 89 dengan kualifikasi baik diperoleh 11 siswa. Keempat nilai 78 dengan kualifikasi baik diperoleh 4 siswa. kelima nilai 72 dengan kualifikasi cukup diperoleh 2 siswa. keenam nilai 61 dengan kualifikasi cukup diperoleh 1 siswa. Bahwa kemampuan menulis cerpen siswa menggunakan teknik konstruktivisme berada pada kualifikasi baik sekali dengan nilai rata-rata 85. Jadi, dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa kelas X MA Kauman Padangpanjang berada pada kualifikasi baik sekali (A)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: N Fine Arts > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia
H Social Sciences > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia
Divisions: Library of Congress Subject Areas > N Fine Arts > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia
Library of Congress Subject Areas > H Social Sciences > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 11 Nov 2025 02:15
Last Modified: 11 Nov 2025 02:15
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3847

Actions (login required)

View Item View Item