Deri, Asriyandi (2022) Perancangan SOP (Standar Operating Procedure) Room Attendand Di Hotel Salma Bukittinggi. Diploma thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA BARAT.
Text
Proyek akhir deri asriyandi perhotelan.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan komen dari tamu adalah pertama tidak mengganti seprai (sheet) dan selimut (duve) di kamar yang statusnya tamu telah meninggalkan kamar (check out) Ini merupakan salah satu kesalahan yang sangat fatal yang dilakukan oleh seorang petugas kebersihan kamar (room attendant) karena seharusnya semua kain (linen) di kamar yang statusnya sudah meninggalkan kamar (check out) wajib diganti dengan yang baru demi menjaga kebersihan, kenyamanan dan kualitas kamar itu sendiri, kedua tamu mengatakan bahwa gantungan baju dilemari dan gantungan handuk dikamar mandi tidak disediakan, dan ketiga room attendant kurang memperhatikan debudebu dalam pembersihan kamar. Salah satu alternatif yang diduga untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan Perancangan SOP Room Attendant di Hotel Salma Bukittinggi. Rumusan Masalah penelitian ini adalah Bagaimana Perancangan SOP (Standard Operating Procedure) Room Attendant di Hotel Salma Bukittinggi melalui tahap persiapan, tahap pembentukan organisasi tim, tahap perencanaan, tahap penyusunan, tahap uji coba, tahap penyempurnaan, tahap implementasi, tahap pemeliharaan dan audit. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perancangan SOP (Standard Operating Procedure) room attendant di Hotel Salma Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian tindakan dengan deskriptif kualitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah room attendant. Subjek dalam penelitian adalah 2 orang housekeeping dan 1 orang operasonal manajer Hotel Salma Bukittinggi. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Instrumen yang digunakan adalah panduan wawancara dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data tahap perancangan SOP yang dipakaii yaitu tahap persiapan, tahap pembentukan organisasi tim, tahap penyusunan, tahap uji coba, tahap penyempurnaan, tahap implementasi dan tahap audit. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dari semua tahapan tersebut dapat di rancang pedoman sop room attendant di Hotel Salma Bukittinggi. Kata Kunci: Rancangan SOP Room Attendant
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > Perhotelan D History General and Old World > Fakultas Pariwisata > Perhotelan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pariwisata > Perhotelan |
Divisions: | Library of Congress Subject Areas > G Geography. Anthropology. Recreation > Perhotelan Library of Congress Subject Areas > D History General and Old World > Fakultas Pariwisata > Perhotelan Fakultas Pariwisata > Perhotelan |
Depositing User: | Unnamed user with email repo@umsb.ac.id |
Date Deposited: | 06 Dec 2022 05:17 |
Last Modified: | 06 Dec 2022 05:17 |
URI: | http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/654 |
Actions (login required)
View Item |